ASN Kab.Pemalang 2021

Perubahan regulasi dan data kepegawaian yang sangat dinamis menjadi tantangan yang harus dihadapi dalam manajemen kepegawaian. Penyajian data dan informasi secara tepat, real time, cepat dan mudah diakses, merupakan salah satu tujuan peningkatan pelayanan kepegawaian. Satu basis data untuk semua aplikasi diterapkan untuk pelaksanaan manajemen Aparatur Sipil Negara yang selaras dengan kebijakan pemerintah pusat sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Berdasarkan hasil pengolahan data pada Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pemalang telah merilis data Buku ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang Dalam Angka Tahun 2021. Buku tersebut mendeskripsikan kondisi ASN Kabupaten Pemalang periode akhir tahun 2021 yang disajikan secara komprehensif dalam bentuk grafik dan tabel-tabel statistik sehingga dapat memberikan manfaat dalam pengambilan kebijakan khususnya pada bidang kepegawaian.

Dalam 12 tahun terakhir, jumlah PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang mengalami penurunan yang sangat signifikan. Penurunan jumlah tersebut antara lain pengaruh dari kebijakan moratorium penerimaan CPNS pada tahun 2011, 2012 dan tahun 2015. Implementasi pengalihan wewenang sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 juga memiliki pengaruh yang besar terhadap pengurangan jumlah PNS di tingkat Kabupaten/kota serta tingginya angka pensiun pegawai yang belum diimbangi dengan rekrutmen ASN.

Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi. Berdasarkan kualifikasi Pendidikan, pertumbuhan pegawai dalam 12 tahun terakhir sangat positif. Pegawai dengan tingkat pendidikan sarjana dan pasca sarjana setiap tahun meningkan signifikan, pada tahun 2010 hanya sebesar 35,13% pada akhir tahun 2021 meningkat 36,47% menjadi sebesar 71,60%.

Secara kualitas pegawai di Lingkungan pemerintah Kabupaten Pemalang mengalami kanaikan yang signifikan. Akan tetapi secara kuantitas, dalam 12 tahun terakhir jumlah pegawai menurun drastis, bahkan dalam 10 tahun kedepan jumlah pegawai akan berkurang sampai dengan 47,4%. Jika tidak diimbangi dengan kebijakan rekrutmen ASN yang sebanding maka perlu adanya trobosan inovasi pelaksanaan pekerjaan sehingga dapat menjadi solusi terhadap efisiensi dan efektifitas sumber daya aparatur. Statistik ASN lebih lanjut dapat dilihat pada link berikut.

You may also like...

Comments are closed.